Cara Mengetahui Apakah Mobil pernah Dipakai Tabrakan atau Tidak

Bookmark and Share
Bagi anda yang berencana untuk membeli sebuah mobil bekas, ada baiknya anda menyimak informasi yang akan kami tampilkan berikut ini sebelum memutuskan untuk membelinya, yakni informasi mengenai cara untuk mengetahui apakah sebuah mobil pernah dipakai tabrakan atau tidak. Mengapa? Sebab, tidak sedikit juga orang-orang yang memang sengaja menjual mobilnya ke showroom-showroom mobil bekas karena mobil tersebut pernah mengalami tabrakan. Oleh sebab itu, dengan mengetahui informasi yang akan kami tampilkan ini maka peluang anda untuk mendapatkan sebuah mobil bekas yang kualitasnya masih baik (layak pakai) menjadi lebih besar, sebab anda pasti akan lebih berhati-hati dan lebih teliti dalam memilihnya nanti. Satu-satunya cara yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah sebuah mobil pernah mengalami tabrakan atau tidak adalah dengan mengetahui ciri-cirinya (ciri-ciri mobil yang pernah dipakai tabrakan).

Cara Mengetahui Apakah Mobil pernah Dipakai Tabrakan atau Tidak

Penasaran seperti apa informasinya? Langsung saja, berikut ini kami tampilkan informasi mengenai cara untuk mengetahui apakah sebuah mobil pernah dipakai tabrakan atau tidak:

1. Cek keserasian warna cat pada bodi mobil (mobil yang akan anda beli). Lihat apakah ada warna yang tidak sama (lebih terang atau lebih gelap) atau warna yang belang? jika warna cat bodinya seperti itu, biasanya itu adalah hasil dari pengecatan ulang. Bisa jadi, pemilik awal mengecat ulang mobilnya karena cat orisinilnya rusak akibat tabrakan. Atau jika warna cat pada semua bagian bodi mobil sama dan mulus, cara untuk mengetahui apakah cat tersebut adalah cat asli bawaan atau orisinal atau hasil pengecatan ulang adalah dengan memeriksa sela-sela bodi sekali lagi, apakah ada sisa kompon atau tidak. Biasanya, jika warna cat tersebut adalah hasil pengecatan ulang, pasti ada sisa-sisa kompon pada bagian bodi yang mengalami benturan pada saat tabrakan.

2. Cek sisi dalam bodi mobil. Untuk mobil yang pernah dipakai tabrakan biasanya banyak terdapat penyok yang diakibatkan oleh hataman palu ketika mobil tersebut dipermak ke bengkel ketok magic. Jika itu yang anda dapati ketika mengeceknya, dapat dipastikan jika mobil tersebut pernah mengalami benturan atau tabrakan hebat hingga bodinya penyok.

3. Periksa apakah karet kaca yang dipasang pada bodi mobil ada yang bocor apa tidak. Caranya adalah dengan menyemprotkan air pada bagian pinggir kaca yang menempel pada bodi. Jika mobil tersebut memang pernah mengalami tabrakan hebat dan diservice dengan menggunakan komponen murah yang kualitasnya kurang baik atau proses perbaikannya kurang baik maka anda pasti akan melihat ada rembesan di bagian itu. Jika itu yang terjadi, sebaiknya anda cari mobil bekas yang lain.

4. Cara ini hanya bisa dilakukan jika pihak penjual memperbolehkan anda untuk melakukan test drive. Coba jalankan mobil tersebut pada jalan yang bagus (jalan yang rata tidak berlubang). Jika setir menarik ke satu sisi ke kanan atau ke kiri, itu berarti mobil tersebut pernah mengalami benturan (tabrakan) yang hebat sehingga ada yang berubah pada jarak pijak roda depan dan belakang sehingga tidak seperti aslinya.

5. Bawalah mobil tersebut melintasi jalanan yang tidak rata misalnya seperti polisi tidur. Jika mobil tersebut pernah dipakai tabrakan biasanya jarak radius putar ke kanan dan ke kiri akan berbeda. Jika demikian yang terjadi, sebernarnya masih bisa diperbaiki dengan cara dispooring. Tapi jika sudah dispooring tapi ke radius putarnya (ke kanan dan ke kiri) masih tetap tidak sama, berarti kerusakannya sudah permanen dan sebaiknya anda ganti pilihan anda dengan mobil lain.