Kunggulan dan Kekurangan Mobil-Mobil Murah LCGC

Bookmark and Share
Mungkin akhir-akhir ini anda pun juga sering mendengar istilah mobil murah kategori LCGC. Yups, tidak heran, sebab belakangan ini memang tengah gencar-gencarnya kampanye program LCGC yang digagas oleh pemerintah. Hingga saat ini setidaknya sudah ada 5 jenis mobil yang turut berpartisipasi dalam program ini. Kelima jenis mobil tersebut setidaknya sudah memenuhi kriteria-kriteria yang disyaratkan agar sebuah mobil bisa menyandang predikat LCGC.

Kelebihan dan kelemahan Mobil murah LCGC

Apa kriteria yang disyaratkan pada mobil-mobil LCGC? Kriteria yang disyaratkan agar sebuah mobil mengantongi predikat atau masuk dalam kategori LCGC salah satunya adalah harganya harus murah yakni harus berada dikisaran 100 jutaan. Selain itu, mobil LCGC juga harus memenuhi kriteria lain yang juga disyaratkan yaitu mobil LCGC harus irit dalam urusan konsumsi bahan bakar serta juga harus ramah terhadap lingkungan.

Oleh sebab itu, tidak heran jika mobil yang dihasilkan akan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh mobil non LCGC. Dan tentunya kelebihan-kelebihan dari mobil LCGC tersebut akan memanjakan para konsumen pastinya.

Tahukan anda apa kelebihan dari mobil-mobil LCGC?
Nah, jika anda masih belum tahu apa saja kelebihan dari mobil-mobil LCGC, anda bisa melihatnya di bawah ini:

Kelebihan atau Keunggulan Mobil LCGC

1. Harga : Seperti yang telah disyaratkan bahwa mobil LCGC harus dibanderol dengan harga murah yakni dikisaran harga 100 jutaan. Hal tersebut tentu merupakan sebuah kelebihan atau keunggulan dari mobil LCGC. Sebab jika dibanding dengan harga mobil lain (mobil non LCGC), harga mobil LCGC jauh lebih murah.

2. Irit Bahan Bakar : Selain harga, keiritan bahan bakar merupakan syarat lain yang harus dipenuhi oleh mobil LCGC. Ini juga merupakan kelebihan atau keunggulan dari mobil ini (mobil LCGC). Jadi, dengan mobil LCGC ini kita bisa lebih menghemat biaya dan menghemat waktu.

3. Ramah Lingkungan :  sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi, jadi sudah pasti mobil-mobil LCGC lebih ramah lingkungan jika dibanding dengan mobil lain yang non LCGC. Jadi dengan begitu konsumen juga turut berkonstribusi meminimalisir pemanasan global.

Tapi selain memiliki kelebihan, tahukah anda jika mobil LCGC juga memiliki beberapa sisi minus yang menjadi kelemahan atau kekurangan dari mobil ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa kelemahan atau kekurangan mobil LCGC:

Kelemahan atau Kekurangan mobil LCGC

1. Tenaga : Sebagian besar mobil-mobil LCGC dibekali dengan mesin berkapasitas sekitar 1000 hingga 1200 cc. Kapasitas tersebut tergolong kecil jika dibanding dengan kapasitas mesin mobil lain yang non LCGC. Jadi tidak heran jika tenaga atau power yang dihasilkan oleh mobil LCGC masih tergolong rendah jika dibanding tenaga atau power yang dihasilkan oleh mobil Avanza ataupun Xenia.

2. Bobot : Hampir semua mobil LCGC memiliki bobot ringan. Kondisi tersebut tentu merupakan sebuah kelemahan atau kekurangan dari mobil ini. Sebab denga bobot yang ringan, mobil akan terasa oleng ketika dikendarai dengan kecepatan tinggi atau ketika berpapasan dengan kendaraan lain yang berukura besar seperti bus atapun truk.

3. Keberadaan Fitur Keselamatan Penumpang : Meskipun syarat yang harus dipenuhi agar sebuah mobil bisa masuk kategori LCGC, tapi keberadaan fitur keselamatan penumpang bukan merupakan syarat yang harus dipenuhi. Jadi tidak heran jika beberapa tipe terendah dari mobil-mobil LCGC tidak disertai dengan fitur-fitur keselamatan seperti Airbag ataupun Sistem pengereman ABS.